Peringati HAKI, Kejari-Dindik Sidoarjo Adakan Cerdas Cermat SMP

3
Peringatan Hari Anti Korupsi Internasional (HAKI) yang diadakan Kejari Sidoarjo.

SIDOARJO, PENAPRESTASI.COM – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Sidoarjo menggelar kegiatan lomba cedas cermat, pidato, dan yel-yel bertemakan antikorupsi di Gedung SMPN 1 Sidoarjo, Kecamatan Sidoarjo Kota, Rabu (28/11). Hal itu dilaksanakan guna untuk peringatan Hari Anti Korupsi Internasional (HAKI)tahun 2018 yang jatuh pada tanggal 9 Desember mendatang,

Kajari Sidoarjo Budi Handaka mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan preventif pencegahan kepada peserta didik. Agar para penerus bangsa tersebut mengerti tentang korupsi dan bahaya korupsi yang akibatnya berdampak pada diri sendiri, keluarga, masyarakat bahkan negara.

“Kita tanamkan sejak dini kepada pelajar, supaya setelah dewasa nanti mereka tahu dantidak akan melakukan tindak pidana korupsi yang mana korupsi itu adalah perbuatan setan,” cetusnya.

Mantan Asisten Pidana Umum (Aspidum) Kejati Nusa Tenggara Timur (NTT) tersebut menambahkan, selain pencegahan dan adanya undang-undang pemberantasan tindak pidana korupsi, untuk menekan tindak pidana korupsi, yaitu harus diiringi dengan adanya iman dan takwa.

“Kalau undang-undang pemberantasan tindak pidana korupsi tidak diiringi dengan iman dan takwa akan susah dan terseok-seok untuk memberantas tindak pidana korupsi di negeri ini,” jlentrehnya usai acara yang menggandeng dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo Asrofi sangat mendukung kegiatan dari Kejaksaan Negeri Sidoarjo itu. Karena segala hal positif, seyogyanya dilakukan sedini mungkin agar terbiasa.

“Jadi sistemnya sudah bagus. Tinggal kita benahi dari sudut sumber daya manusianya, mindsetnya itu agar tidak memperoleh kekayaan dengan cara korupsi,”pungkasnya.(dan)