Museum WR Supratman akan Diresmikan di Hari Pahlawan

65
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya Antiek Sugiarti.

SURABAYA, PENAPRESTASI.COM – Pemkot Surabaya berencana meresmikan Museum WR Supratman, tepat di Peringatan Hari Pahlawan, 10 Nopember 2018.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya, Antiek Sugiarti menyampaikan, peresmian Museum WR supratman sebagai bentuk penghargaan atas jasa-jasanya yang turut memperjuangkan kemerdekaan RI. Di sisi lain, dengan keberadaan museum itu sekaligus sebagai pembelajaran bagi para pelajar di Kota Pahlawan.

“Anak-anak bisa belajar bagaimana perjuangan merebut kemerdekaan tak hanya dilakukan dengan senjata, tapi dengan keahlian lain yakni mencipta lagu dan bermain musik,” terangnya.

Antiek Sugiarti menyampaikan, di museum yang sebelumnya merupakan rumah tinggal pahlawan nasional WR Supratman diisi dengan berbagai koleksi. Mulai dari foto ketika dimasa pergerakan, replika biola, konsep-konsep penulisan lagu, memorabilia, mengumpulkan namanya yang diabadikan sebagai nama jalan, peranhgko dan lainnya.

“Untuk mendapatkan benda-benda koleksi itu, kita komunikasi dengan museum nasional,” ungkapnya

Pemkot Surabaya sebelumnya merencanakan akan meresmikan Museum WR Supratman pada tahun lalu. Namun menurut Kadisbudpar, karena masih ada sejumlah pembenahan, maka peresmiannya baru terlaksana tahun ini. “Kita konsultasi kepada ahli di bidang museum, kemudian ada pembenahan rumahnya, akses jalnnya,” jelas mantan Kadiskominfo

Museum WR. Supratman yang terletak di Jalan Mangga No. 21, Tambaksari Surabaya akan terbuka untuk umum. Para pengunjung gratis masuk museum yang lokasinya berdekatan dengan Stadion Gelora 10 Nopember. Sementara untuk pengoperasionalannya, Antik menyebutkan akan dibuka setiap hari. “Setiap hari buka, mulai pagi sampai sore, “ katanya.

Saat peresmian, akan dihadiri seluruh keluarga WR Supratman. Di acara tersebut nantinya akan diisi acara sekolah kebangsaan dengan menghadirkan ratusan pelajar Kota Surabaya.(dan)