Ciptakan Potensi Wisata Desa dengan Sirsak Madu

1
Penanaman bibit sirsak madu di Desa Sumbertlaseh.

BOJONEGORO, PENAPRESTASI.COM – Sebagai upaya untuk menjaga kelestarian alam dan lingkungan, kelompok Taruna Tani Sumber Karya Desa Sumbertlaseh, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, melakukan penanaman pohon sirsak madu.

Penamaan yang dilakukan di tanah kas desa setempat itu dilakukan Minggu (23/12). Ada sekitar 300 pohon sirsak madu yang ditanam di tanah seluas setengah hektare.

“Bibit pohon sirsak ini kami peroleh dari Dinas Pertanian Bojonegoro melalui pengajuan beberapa bulan yang lalu,” kata Ketua Taruna Tani Desa Sumbertlaseh Mustakim.

Penanaman pohon sirsak madu tersebut, kata dia, selain untuk penghijauan desa setempat, juga nantinya diharapkan dapat menjadi kawasan objek wisata petik buah sirsak. “Karena buah sirsak madu ini di Bojonegoro masih langka. Ke depan kami akan menanam lebih banyak lagi,” katanya.

Kepala Desa Sumbertlaseh Nurali mendukung kegiatan yang dilakukan para pemuda desanya. Bahkan, ke depan dia akan menambah luas lahan untuk ditanami pohon sirsak maupun pohon lainnya.

“Karena mayoritas masyarakat kami adalah petani, maka penanaman ini sangat bagus. Semoga kegiatan ini nantinya dapat mengangkat potensi desa Sumbertlaseh dan menjadi salah satu desa favorit,” ucap dia menambahkan.(dan)